Sistem Jaringan Internet/Intranet

Jaringan merupakan kumpulan dari perangkat keras dan lunak di dalam suatu sistem yang memiliki aturan tertentu untuk mengatur seluruh anggotanya dalam melakukan aktivitas komunikasi. Sementara itu, jaringan komputer adalah sekelompok komputer yang dihubungkan satu dengan yang lainnya dengan menggunakan protokol komunikasi melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga dapat saling berbagi data informasi, program-program, penggunaan bersama perangkat keras seperti menggunakan data di komputer yang lain dan printer.


Data informasi tersebut bergerak melalui kabel-kabel atau nirkabel. Sehingga memungkinkan pengguna jaringan komputer dapat saling bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama, dan bersama-sama menggunakan hardware atau software yang terhubung dengan jaringan. Dengan demikian, dapat dikatakan suatu jaringan dibangun dengan tujuan menghubungkan jaringan-jaringan yang telah ada dalam jaringan tersebut sehingga informasi dapat ditransfer dari satu lokasi ke lokasi yang lain. Agar tujuan ini tercapai, maka setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Komputer yang meminta layanan disebut komputer client, dan komputer yang memberi layanan disebut komputer server. Biasanya hal ini sering disebut dengan istilah client server dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Secara umum, jaringan mempunyai beberapa manfaat yang lebih dibandingkan dengan komputer yang berdiri sendiri dan dunia usaha telah pula mengakui bahwa akses ke teknologi informasi modern selalu memiliki keunggulan kompetitif dibandingkan pesaing yang terbatas dalam bidang teknologi. Berikut ini manfaat jaringan komputer.
  1. Jaringan memungkinkan manajemen sumber daya lebih efisien. Misalnya, banyak pengguna dapat saling berbagi printer tunggal dengan kualitas tinggi, dibandingkan memakai printer kualitas rendah di masing-masing meja kerja. Selain itu, lisensi perangkat lunak jaringan dapat lebih murah dibandingkan lisensi stand-alone terpisah untuk jumlah pengguna sama.
  2. Jaringan membantu mempertahankan informasi agar tetap andal dan up-to-date. Sistem penyimpanan data terpusat yang dikelola dengan baik memungkinkan banyak pengguna mengakses data dari berbagai lokasi yang berbeda, dan membatasi akses ke data sewaktu sedang diproses.
  3. Jaringan membantu mempercepat proses berbagi data (data sharing). Transfer data pada jaringan selalu lebih cepat dibandingkan sarana berbagi data lainnya yang bukan jaringan.
  4. Jaringan memungkinkan kelompok kerja berkomunikasi dengan lebih efisien. Surat dan penyampaian pesan elektronik merupakan substansi sebagian besar sistem jaringan, di samping sistem penjadwalan, pemantauan proyek, conference online, dan groupware, di mana semuanya membantu tim bekerja lebih produktif.
  5. Jaringan membantu usaha dalam melayani klien mereka secara lebih efektif. Akses jarak-jauh ke data terpusat memungkinkan karyawan dapat melayani klien di lapangan dan klien dapat langsung berkomunikasi dengan pemasok.
  6. Berdasarkan area geografis yang dijangkau oleh suatu jaringan, jenis jaringan dibedakan menjadi tiga macam.

Jaringan LAN (Local Area Network)

LAN dapat didefinisikan sebagai network atau jaringan sejumlah sistemkomputer yang

lokasinya terbatas di dalam satu gedung, satu kompleks gedung atau suatu kampus dan tidak menggunakan media fasilitas komunikasi umum seperti telepon, melainkan pemilik dan pengelola media komunikasinya adalah pemilik LAN itu sendiri. Dari definisi tersebut, dapat kita ketahui bahwa sebuah LAN di batasi oleh lokasi secara fisik. Adapun penggunaan LAN itu sendiri mengakibatkan semua komputer yang terhubung dalam jaringan dapat bertukar data atau dengan kata lain berhubungan.


Jaringan LAN memiliki beberapa keunggulan dan kelemahan.

1 Beberapa keunggulan LAN:

  • Pemakaian sumber daya secara bersama-sama.
  • Memungkinkan hubungan antarsistem dari beragam merk.
  • Memungkinkan adanya transfer file antarbagian dengan melalui suatu server pengatur lalu lintas informasi.
  • Efektivitas dan efisiensi kerja menjadi lebih produktif.
  • Lebih banyak terminal yang terhubung ke sistem.
  • Mengurangi pemakaian kabel jika dibandingkan dengan sistem connect one by one.
  • Memungkinkan komunikasi melalui e-mail.
  • Adanya pembakuan user interface.
  • Perlindungan investasi dan rahasia data karena adanya server pengatur dan password.
2) Beberapa kelemahan LAN:

  • Instrumentasi tidak sederhana.
  • Ada kemungkinan password dapat ditembus.
  • Perlu pengendali pemakaian software.
  • Software harus dirancang untuk multi user.
  • Semua layer model OSI harus dilaksanakan (protokol/aturan yang digunakan).
  • Virus mungkin dapat menyebar melalui jaringan.

Jaringan MAN (Metropolitan Area Network)

Pada dasarnya MAN merupakan LAN yang berukuran lebih besar. Jaring- an ini mempunyai area jaringan yang lebih luas dari LAN. Jaringan ini disebut sebagai jaringan area metropolitan yang menjangkau antarwilayah dalam satu provinsi. Jaringan MAN menghubungkan jaringan-jaringan kecil yang ada seperti LAN yang menuju pada lingkungan area yang lebih besar. Contoh, beberapa bank yang memiliki jaringan komputer di setiap cabang- nya dapat berhubungan satu sama lain sehingga setiap nasabahnya dapat melakukan transaksi menyimpan uang dan mengambil uang atau transaksi lainnya di cabang mana pun dalam provinsi yang sama. MAN biasanya meng- gunakan nirkabel atau infrastruktur serat optik sambungan link ke situs mereka. MAN dioptimalkan untuk wilayah geografis yang lebih besar dari LAN, mulai dari beberapa blok bangunan hingga seluruh kota tidak menutup kemungkinan digunakan oleh banyak individu sebagai sarana umum.

Jaringan WAN (Wide Area Network)


WAN merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar, atau dengan kata lain kumpulan dari LAN yang dihubungkan dengan meng- gunakan alat komunikasi modem dan jaringan internet. WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.

Internet


Internet merupakan kumpulan dari LAN, MAN, dan WAN yang ada di seluruh dunia. Jaringan-jaringan tersebut dihubungkan ke sebuah jaringan internet dengan menggunakan jaringan kabel serat optik yang menghubungkan satu benua dengan benua lain. Kabel serat optik tersebut dibangun di dasar laut.

0 Response to "Sistem Jaringan Internet/Intranet"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel